Teori Elit dan Marxisme

Salah satu pendekatan ilmu sosial yang marak digunakan dalam studi tentang Indonesia adalah teori elit. Pendekatan ini menjadi popular mengignat karakter politik Indonesia itu sendiri yang sangat dipengaruhi oleh keputusan elit itu sendiri. Menariknya, secara empiric keberadaan elit tidak dapat dilepaskan dengan keberadaan kepentingan kelas-kelas sosial. 

Kelas-kelas sosial yang sangat ditentukan oleh perkembangan kapitalisme itu sendiri. Hal inilah yang membuat tidak ada kepentingan kelompok elit di dalam dirinya sendiri namun selalu membawa kepentingan kelas-kelas sosial tertentu yang ada dalam masyarakat. Kelompok elit, dengan kata lain, adalah representasi dari konflik sosial yang berakar dari masyarakat yang ada di Indonesia itu sendiri.

Dalam terang hubungan analitis ini, menjadi penting untuk kemudian memahami fenomena elit dan hubungannya dengan problem struktur ekonomi-politik masyarakat. Kelas IndoProgress kali ini menyajikan tema Teori Elit dalam kaitannya dengan Marxisme yang sering digadang sebagai pendekatan untuk memahami struktur ekonomi-politik masyarakat.


 

Kursus Populer

Teori Elit dan Marxisme

Kelas telah berlangsung pada 15 Januari 2022. Tunggu kelas dibuka kembali.

Berlangganan Info

 

 

Sesi 1: Mengapa Teori Elit? Latar Belakang Perkembangan Awal Teori Elit sebagai Respon terhadap Marxisme)

Sesi 2: Kritik Teori Elit dan Perkembangan Lanjutan Teori Elit

Sesi 3: Elit dan Masyarakat (Studi Kasus Indonesia)

Sesi 4: Solusi Marxisme Terhadap Keterbatasan Teori Elit

 

 

Kursus Populer

Teori Elit dan Marxisme

Kelas telah berlangsung pada 15 Januari 2022. Tunggu kelas dibuka kembali.

Berlangganan Info